Oleh: pribba | Januari 20, 2010

Klasifikasi Komputer

Klasifikasi Komputer

Oleh : SUPRIBADI, BBA, S.Pd

2.   Klasifikasi Komputer

Terdapat benyak tipe komputer yang sangat bervariasi dalam ukuran, biaya, daya kumputasi, dan tujuan penggunaannya. Komputer yang paling umum adalah Personal Computer, yang digunakan di sekolah-sekolah, kantor, rumah-rumah. Personal Computer merupakan bentuk paling umum dari komputer desktop. Komputer desktop memiliki unit pengolahan dan penyimpanan, display visual dan unit output audio dan keyboard yang ditempatkan secara mudah di meja kantor atau rumah. Media penyimpanan tersebut berupa harddisk, CD-ROM, dan disket atau flashdisk. Komputer notebook portable adalah versi ringkas dari personal komputer dengan semua komponennya terpaket dalam satu unit tunggal seukuran kopertipis.

Supercomputer digunakan untuk perhitungan numeric skala besar seperti perkiraan cuaca, desain dan simulasi pesawat terbang. Dalam sistem enterprice, server dan supercomputer, unit fungsionalnya yang banyak processor, dapat terdiri dari sejumlah unit besar dan sering kali terpisah.

Komputer oleh beberapa professional diklasifikasi menjadi beberapa sudut pandang, ada yang menggolongkan yang berdasarkan data yang diolah, berdasarkan penggunaannya, berdasarkan ukuran dan berdasarkan generasi serta berdasarkan yang lain.

a.     Komputer Berdasarkan Data Yang Diolah

Berdasarkan data yang diolahnya komputer dapat digolongkan kedalam tiga golongan yaitu :

1.     Komputer Analog,

yang digunakan untuk mengolah data kualitatif, bekerja secara kontiyu dan bukan data yang berbentuk angka, tetapi dalam bentuk fisik misalnya alat hitung ; arus listrik, temperature, kecepatan, tekanan dan sebagainya

2.     Komputer Digital,

digunakan untuk mengolah data kuantitatif (huruf, angka, kombinasi angka dan huruf, karakter-karakter khusus) dan memerlukan bahasa perantara, misalnya Komputer PC dan lain-lain.

Keunggulan dari computer ini adalah

* Memproses data lebih tepat dibandingkan dengan computer analog.

* Dapat menyimpan data selama masih dibutuhkan untuk diproses

3.     Komputer Hybrid,

merupakan kombinasi antara komputer analog dengan komputer digital, misalnya faxcimile dan lain-lain.

b.     Komputer Berdasarkan Penggunaanya

Berdasarkan penggunaanya komputer digolongkan menjadi :

1.     Special-Purpose Komputer

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah yang khusus, biasanya hanya berupa satu masalah saja, komputer ini dapat berupa komputer digital atau komputer analog, dan umumnya komputer analog adalah special-purpose komputer. Komputer ini banyak dikembangkan untuk pengontrolan yang otomatis pada proses-proses industri

2.  General-Purpose Komputer

Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan bermacam masalah, dapat menggunakan beberapa program yang dapat menyelasaikan jenis permasalahan yang berbeda, karena komputer ini tidak dirancang untuk masalah secara khusus.misalnya aplikasi bisnis, teknik, pendidikan, pengolahan kata, permainan dan lain-lain

General-Purpose Komputer dapat berupa kompuer digital maupun komputer analog, tetapi pada umunya komputer digital adalah general-purpose computer

c.     Komputer Berdasarkan Ukurannya

Komputer yang dibedakan berdasakan bentuk dan ukuran fisik dibedakan atas ;

1.     Tower (Menara),

2.     Desktop (Meja)

3.     Portable

4.     Notebook

5.     Subnotebook

6.     Palmtop

d.     Komputer Berdasarkan kemampuannya

Komuter ini digolongkan menjadi

1.     Komputer Pribadi (Personal Computer)

adalah komputer yang ditujukan untuk satu pemakai dengan satu pemakaian program aplikasi saat tertentu. Komputer ini biasanya digunakan untuk kepentingan rumah tangga seperti untuk menulis dokument, membuat gambar, mencetak dokumen, mendengarkan MP3, Melihat VCD atau DVD serta untuk permainan atau game.

2.    Super Komputer (Mainframe)

adalah komputer yang processornya mempunyai kemampuan besar karena ditujukan untuk banyak pemakai. Karena bentuknya yang besar, maka tempat untuk menyimpannyapun adalah cukup luas. Komputer ini digunakan dengan tujuan khusus seperti untuk menangani data-data perusahaan, mendesain gedung-gedung bertingkat tinggi, mendesain pesawat terbang, menganalisa molekul-molekul, serta digunakan untuk server website. Perusahaan website ternama seperti : Google, Yahoo, Amazon, dan Altavista menggunakan komputer jenis ini untuk digunakan sebagai server.

3.    Dedicated Computer

merupakan komputer yang digunakan untuk keperluan tertentu. Contoh yang paling sering digunakan adalah video game. Untuk bentuknya video game saat ini dapat ditemui dengan berbagai ukuran, mulai ukuran yang kecil sehingga dapat dibawa tangan, seperti PS Portable, hingga ukuran yang besar seperti PS1, PS2, PS3, X-Box, Sega atau Nitendo. Pada umumnya untuk Video game telah dilengkapo dengan Joystick untuk menjalankannya.

4.    Embedded Computer

merupakan komputer yang telah tertanam pada sebuah perangkat atau alat tertentu. Komputer jenis ini digunakan sebagai unit kontrol untuk melakukan pengaturan terhadap sebuah perangkat atau peralatan yang membutuhkan pengendalian secara otomatis. Contoh perangkat ini adalah telephone, robot, pesawat terbang, mobil, pendingin ruangan, peluru kendali, dan lain sebagainya.

About these ads

Responses

  1. askum,ka saya copy ya buat tugas….!!!


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: